Pengaruh Aksesibiltas Jalan Lingkar Barat Tallasa City Terhadap Perubahan Pemanfaatan Guna Lahan di Kecamatan Tamalanrea
Kata Kunci:
Acsesibility, street, Land use, land use changeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan pemanfaatan guna lahan terhadap aksesibilitas jalan Lingkar Barat Tallasa City di Kecamatan Tamalanrea. Serta seberapa besar dampak aksesibilitas jalan Lingkar Barat Tallasa City terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan Tamalanrea penelitian ini dapat menjadi bahan masukan tentang adanya keterkaitan antara adanya aksesibilitas pembangunan jalan dengan perubahan penggunaan lahan.
Variabel yang digunakan terdiri dari empat diantaranya: (1) Aksesibilitas, (2) Kegiatan Ekonomi, (3) Perubahan Lahan, (4) Perkembangan Kota. Metode analisis yang digunakan berupa analisis chi- square, selanjutnya digunakan uji kontigensi dalam penarikan kesimpulan yang dilanjutkan system skoring Skala Likert sebagai parameter mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap Y dan
analisis regresi liner sederhana untuk mengetahui berapa persen perubuhan lahan yang terjadi khususnya pada variabel kegiatan ekonomi. Selanjutnya untuk mengetahui dampak aksesibilitas jalan Lingkar Barat Tallsa City terhadap kondisi sosisal ekonomi masyarakat dengan metode analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh terhadap aksesibilitas. Dan menunjukkan bahwa adanya aksesibilitas berdampak pada perubahan lahan khususnya aktivitas kegitan ekonomi, yang secara otomatis merubah kondisi sosisal ekonomi masyarakat di sepanjang koridor Jalan Lingkar Barat Tallasa City, Kecamatan Tamalanrea.
Referensi
Ardiansyah F. W. 2005. Pengaruh Terminal Batay Kota Lahat Terhadap Aktivitas Pemanfaatan Lahan Di Kawasasn Sekitarnya. (Tesis). Semarang: Universitas Diponegoro.
BPS Badan Pusat Statisitik. 2019. Kecamatan Tamalanrea Dalam Angka, Berbagai Edisi. Kecamatan Tamalanrea.
Damayanti, Riska., Gandarum, Dedes Nur. (2015). Pengaruh Guna Lahan dan Pola Pergerakan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan di Sekitar Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Arsitektur. Uneversitas Trisakti. Jakarta
Masrianto., Soetmo, Soegiono., Poerwo, Poernomoshi., Riyanto, Bambang. (2012). Pembangunan Jaringan Jalan Perkotaan Berdasarkan Kajian Struktur Ruang dan Aksesibilitas Kota. Jurnal Transportasi. Universitas Diponegoro.Semarang.
Murthy Widhi. (2014). Dampak Pembangunan Jaringan Jalan Merr (Middle East Ring Road) II-C Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan.Jurnal Universitas Negeri, Surabaya.
Putri Marsista, dan Buchori Imam. (2015). Pengaruh Jalan Lingkar Selatan Salatiga Terhadap Perubahan Karakteristik Sosial Ekonomi Penduduk di Sekitarnya. Jurnal Pembangunan UNDIP. Semarang.
Sofian, Agus., Franklin, J.C.Papia., dan Suryono. (2016). Aksesibilitas Ruas Jalan Koka-Tondano Terhadap Pertumbuhan Wilayah Sekitarnya. Jurnal Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Sugihartha I K. P. (2014). Dampak Pembangunan Jalan Arteri Primer Tohpati-Kusamba Terhadap Penggunaan Lahan Di Desa Gunaksa Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung (Tesis). Bali: Universitas Udayana.
Suharyadi. Dan Hardoyo, Su Rito. (2011). Perubahan Penggunaan Lahan dan Faktor Yang Mempengaruhinya di Kecamatan Gunung pati. Jurnal UGM. Yogyakarta.
Susanti Ida. (2013). Pengaruh Perkembangan Pembangunan Infrasturktur Jalan terhadap Pertumbuhan Pamanfaatan Lahan Kota. Jurnal Rekayasa. Bandar Lampung.
Wibawa, Bayu.1996, Tata Guna Lahan dan Transportasi Dalam Pembangunan Berkelanjutan. (Tesis). UNDIP. Semarang.
Zultan, Achmad. dan Sariyanto, Eko. (2017). Analisis Pengaruh Aksesibilitas Ruas Jalan Yos Sudarso, Jalan Jendral dan jalan Mulawarman Terhadap Nilai Jual Lahan di Kota Tarakan. Jurnal, Tarakan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Noel Diaken Patandean

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.