Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Lacolla Kabupaten Maros

Lokasi Studi Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana

Penulis

  • Rusneni Ruslan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Andi Ike Nurhikmah Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Agus Salim Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jups.v2i1.104

Kata Kunci:

Developing, Lacolla Waterfall, strategy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah mengidentifikasi faktor apa saja yang memiliki pengaruh signifikan dalam pengembangan obyek wisata Air Terjun Lacolla serta strategi pengembangan obyek wisata Air Terjun Lacolla di Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dan analisis SWOT. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa variabel daya tarik, sarana wisata, promosi wisata dan aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap pengembangan obyek wisata Air Terjun Lacolla, sedangkan variabel prasarana wisata tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan obyek wisata Air Terjun Lacolla Kabupaten Maros. Adapun strategi pengembangan obyek wisata Air Terjun Lacolla ialah meningkatkan aksesibilitas guna mendukung pengembangan pariwisata kawasan obyek wisata Air Terjun Lacolla; pembangunan destinasi pariwisata dalam rangka pembangunan daya tarik wisata, pembangunan prasarana, penyediaan fasilitas umum, serta pembangunan fasilitas pariwisata secara terpadu dan berkesinambungan; memaksimalkan pengelolaan potensi dan pelestarian alam serta meningkatkan kegiatan promosi obyek wisata Air Terjun Lacolla; ikut melibatkan masyarakat untuk menjaga keamanan di kawasan obyek wisata.

Referensi

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Maros Tahun 2020. KabupatenMaros Dalam Angka: Kabupaten Maros.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kecamatan Cenrana Tahun 2019.Kecamatan Cenrana Dalam Angka: Kecamatan Cenrana.

Batara, Valentino S. (2020). Strategi Pengembangan Kawasan WisataHutan Mangrove Lantebung Kota Makassar

David, Fred R. (2008). Manajemen Strategis Konsep.SalembaEmpat: Jakarta

Dinas Permukiman dan Tata Ruang, Rencana Tata Ruang Wilayah(RTRW) Kabupaten Maros Tahun 2012 – 2032.

Mulyadi, A. (2017). Analisis Strategi Pengembangan ObjekWisata Air Terjun Bissappu di Kabupaten Bantaeng

Perda Nomor 2, 2014. “Penyelenggaraan Kepariwisataan”.

Septi, H, dan Adinda. (2014). Konsep Ekowisata Desa Wisata CandirejoMagelang dan Pengaruhnya Terhadap Permukiman.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta: Bandung

Undang-undang RI Nomor 10, 2009. Tentang Kepariwisataan. Balai Pustaka: Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-29

Cara Mengutip

Ruslan, R., Ike Nurhikmah, A., & Salim, A. (2021). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Lacolla Kabupaten Maros: Lokasi Studi Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana. Journal of Urban Planning Studies, 2(1), 076-084. https://doi.org/10.35965/jups.v2i1.104