Arahan Pengembangan Wisata Pantai Indah Bosowa di Kota Makassar

Penulis

  • Nadya Tiara Rendeng Lelepadang Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Kamran Aksa Pascasarjana Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik/Universitas Bosowa Makassar
  • Muhammad Idris Taking Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jups.v4i1.422

Kata Kunci:

Objek Wisata, Arahan, Pengembangan

Abstrak

Abstract. The purpose of this study was to find out the factors that influence the lack of maximum tourism development at Indah Bosowa beach, Makassar city, knowing the direction of tourism development at Indah Bosowa Beach. This type of research is a multi methods research. To analyze what factors influence the lack of maximum tourism development on Indah Bosowa beach using chi-square analysis to find out the direction of development used Bayes analysis. The main conclusion in this study is based on the results of chi-square analysis indicating that the factors influencing tourism development at Pantai Indah Bosowa are aspects of attractiveness, promotion and marketing, and facilities and services. The direction of development carried out is to increase the number of facilities and services, use promotional methods through advertising and endorsement techniques and create a master plan concept for the Pantai Indah Bosowa planning area.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya pengembangan wisata di Pantai Indah Bosowa, kota Makassar, mengetahui arahan pengembangan wisata di Pantai Indah Bosowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian multi methods. Untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi kurang maksimalnya pengembangan wisata di pantai Indah Bosowa menggunakan analisis chi-square untuk mengetahui arahan pengembangan digunakan analisis Bayes. Kesimpulan utama dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil analisis chi-square menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pengembangan wisata di Pantai Indah Bosowa yaitu aspek daya tarik, promosi dan pemasaran, dan fasilitas dan pelayanan. Arahan pengembangan yang dilakukan adalah dengan meningkatkan jumlah fasilitas dan pelayanan, penggunaan metode promosi melalui teknik advertising dan endorsement dan membuat konsep masterplan kawasan perencanaan Pantai Indah Bosowa.

Referensi

Ananto, O. (2017). Persepsi Pengunjung pada Objek Wisata Danau Buatan Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol.4 No.1

Hadi, Sutrisno. 2000. Analisis Regresi.Yogyakarta: Andi Offset

Juliansi, S., Manaf, M., & Jufriadi, J. (2023). Strategi Pengembangan Objek Wisata Ollon di Kabupaten Tana Toraja: (Studi Kasus : Lembang Bau, Kecamatan Bonggakaradeng). Journal of Urban Planning Studies, 3(2), 120-128.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011, Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025.

Sesa, K. C., Manaf, M., Salim, E., & Abbas, J. (2023). Strategi Peningkatan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Tak Berombak di Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Journal of Urban Planning Studies, 3(2), 157-164.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Lelepadang, N. T. R., Aksa, K., & Taking, M. I. (2023). Arahan Pengembangan Wisata Pantai Indah Bosowa di Kota Makassar. Journal of Urban Planning Studies, 4(1), 011-018. https://doi.org/10.35965/jups.v4i1.422