Penerapan Konsep Arsitektur Organik Pada Bangunan Pendidikan

Penulis

  • Aditya Alwi Putra Universitas Bosowa
  • Satriani Latief Universitas Bosowa
  • Lisa Amalia Universitas Bosowa

Kata Kunci:

Bangunan pendidikan, konsep arsitektur, arsitektur organik.

Abstrak

Arsitektur Organik adalah salah satu konsep yang awalnya ditemukan oleh Frank Lloyd. Sejak kecil, Frank Lloyd selalu mengamati hubungan antara manusia dengan lingkungan. Hal ini yang menjadi dasar pemikirannya tentang Arsitektur Organik. Pada dasarnya, Arsitektur Organik masih sering didebatkan tentang panduan dan batasan desainnya. Namun ada beberapa peneliti yang telah mencoba mengamati konsep dari Arsitektur Organik. Arsitektur Organik lebih mengarah pada keselarasan dengan alam sekitarnya, menciptakan sesuatu yang harmonis, dapat bertahan sepanjang waktu dengan bentuknya yang dinamis dengan alam. Fungsi dari bangunan pendidikan adalah sebagai sarana dalam proses belajar mengajar untuk menambah ilmu  pada penggunanya. Proses belajar mengajar tersebut akan terasa lebih nyaman bila ruang serta kegiatannya menjadi satu kesatuan dengan lingkungannya. Penerapan Arsitektur Organik pada bangunan pendidikan memungkinkan terciptanya suasana yang nyaman dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mnggambarkan tentang penerapan Arsitektur Organik pada bangunan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang menganalisa bangunan pendidikan berdasarkan konsep Arsitektur Organik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-30