Relevansi Perancangan Sekolah Islam Terpadu Dalam Perspektif Fengshui

Penulis

  • Rezkynia Edginarda Suhardi Universitas Bosowa
  • Syam Fitriani Asnur Universitas Bosowa
  • Syahril Idris Universitas Bosowa

Kata Kunci:

Sekolah islam terpadu, Bangunan yang nyaman, Fengshui

Abstrak

Sebuah sekolah yang baik setidaknya memiliki lingkungan fisik yang nyaman dan dapat membuat siswa betah belajar. Fengshui adalah ilmu yang mempelajari tentang menata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai lingkungan fisik yang nyaman dan keseimbangan yang membawa kedamaian dan kemakmuran. Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai sekolah yang baik adalah dengan menerapkan sistem fengshui yang dapat membuat lingkungan fisik yang nyaman dan membuat siswa betah belajar. Namun sistem fengshui ini terkadang bertentangan dengan adab islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi relevansi antara  perencanaan Sekolah Islam Terpadu dengan prinsip fengshui. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis  yang digunakan yaitu dengan membandingkan hasil perencanaan atau desain dengan prinsip fengshui yang dianalisis secara deskriptif untuk melihat hubungan atau relevansi perancangan Sekolah Islam Terpadu dalam perspektif fengshui dan tidak bertentangan dengan adab islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada dasarnya terpadat beberapa relevansi antara hasil perancangan Sekolah Islam Terpadu dengan prinsip fengshui dan tidak bertentangan dengan adab islam yakni dari lokasi site, orientasi bangunan, jalur sirkulasi, tata ruang dalam,bentuk dan tampilan bangunan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-23